Selamat Datang di PANA PANIAI RAYA Malang-Jatim

Situasi Politik Kolonialisme Di Tanah Papua




(Stiker Diskusi bersama bapak Filep Karma Tentang "situasi politik kolonialisme di tanah papua ".Foto Yustus/KM)
 
Spanduk Diskusi Bersama Bapak Filep Karma
“Disampaikan Pada sabtu & minggu 05/6 Nov 2016 .Tempat Sekret PANA Dinoyo dan Kontrakan wamena Kanjuruan  di kota studi malang, saat diskusi Tengtang  penting-nya buka jaringan dengan penggiat HAM ,dan bangun konsolidasi antar siapapun tanpa membedakan Dia kulit Putih atu hitam yang pentig  dia punya hati untuk papua merdeka”.

Siklus Perjuangan Bangsa West Papua
Perjuangan papua tidak hanya melalui satu jalur,akan tetapi banyak jalur tetapi satu tujuan.Baik melalui :
1)      Perjuangan politik
2)      Perjuangan hak tanah
3)      Perjuangan lingkungan hidup
4)      Perjuangan HAM
5)      Perjuangan rakyat miskin kota.
6)      Perjuangan pedesaan.
7)      Perjuangan pasar mama-mama papua.
8)      Perjuangan mempertahankan budaya papua.
9)      Dll


Sejarah Bangsa Barat Masuk Di West Papua.
Pulau papua pertama kali dilihat dan di ketemukan oleh bangsa portugis dan mereka memberi nama New Guninea,mengingat bangsa afrika di guinea bissau.Sebab hitam kulit dan krting rambut sama.Hidup tidak lama bangsa potuiggis kawin silang dengan orang jayapura dan keturunan sampai sekarng juga ada,agak kelihatan tinggi putih dan hidung mancung mancung.

Belanda masuk di indonesia untuk mengejar rempah rempah .Dari sabang sampai amboina.Dalam sejarah mengatahkan bahwa ternate tidore  perna masuk menjajah papua itu tipu.

Pada tahun 1925  injil masuk I,S,Kijne mewartakan pergtama kali di mansinam manakwari,kemudian Belanda kerja sama di sisi agama kemudian bangun sekolah,asrama asrama dan kemudian membangun pemerintahan kerajaan belanda di papua.

Pada tahun 1942 Bangsa jepang pertama kali masuk di pulau papua.jepang kerahkan kekuatan militer sekitar 7000 personil tetapi 1000 hilang sendirian di atas tanah papua.

Pada saat itu juga Simson Piare membunuh panglima jendral jepang,saat yang sama ketika jepang menguasi oleh personil tentara jepang saatg itu.

Pada tahun 1945 Amerika serikat mulai masuk di papua,dan pertama bermukim di depapre jayapura.Dan US mereka bangun POM minyak samapi sekarang ada.Pada tahun yang sama 45 Amerika serikat serang di biak.Pada massa Perang dunia ke dua juga.

Pada tahun 1948 Jepang pindah ke PNG di wiwak,kemudia pidah lagi ke australia.Setelah jepang kalah di Bom Hirosima dan Nagasaki Jepang angkat kaki dari Australia pinda ke negara asal-nya Jepang.

Sismtem pembangunan di jayapura saat itu Amerika mereka bangun secara kasar ,Kemudian setelah belanda masuk kemudian direnovasi dan diberi nama hollandia.

Dalam sejarah indonesia tidak pernah di sebutkan bahwa orang asli papua perna berjuang dalam kemerdekaan indonesia,sementara Fransiskus Kaisepo,marthen indei Mereka itu pada tahun 1998,Itu baru indonesia memberi gelar pahlawan nasional,tujuannya supaya orang papua tidak memikirkan papua merdeka lagi.

Kepentingan Belanda juga masih ada sampai sekarang bukti-nya ada perusahaan Kilang minyak di sorong Milik Perusahaan Negara belanda.

Parlemen ini  didirikan pada tanggal 5 april 1951 di zaman belanda yaitu nama-nya “New Guinea Parlemn/West New Guinearat “sekarang di rubah nama menjadi parlemen Negara west papua (PNWP).

Belanda Perancis dan inggris melakukan perjanjina di australia Guna melepaskan masalah papua ini di tangan bangsa indonesia ,sebab Rusia sudah membantu tank,kapal selam,pesawat tempur,akhirnya teman teman-nya belanda seperi amerika inggris,perancis takut,akhirnya mereka sepakati,Biar Amerika serikat tetap punya kepentingan di papua yaitu PT.freeport indonesia ,kemudia Belanda biar Perusahaan minnyak disorong tetap ada kepentingan belanda ada di papua.

Masa penjajahan belanda “komite nasional  papua” ini sudah ada.Ini dibentuk karena melihat ketidak adilan belanda di atas tanah papua,sehingga tujuannya untuk mengusir bangsa belanda.

KNP membentuk manifesto politik yaitu dengan menciptakan lagu kebangsaan, ,bendera, simbol, kemudian dideklarasikan secara resmi pada tahun 1961 untuk bangsa west papua.Ini sudah masuk  lembaran resmi dalam konstitusi kerjaan belanda  saat itu juga.

Kemudian Belanda mulai kirim orang papua sekitar kurang lebih 400-an Orang asli papuadisekolah ke negara belanda untuk persiapan kemerdekaan papua.Kemudian saat itulah presiden soekarno menyusun strategi untuk merebut papua,dan dia membentuk TRIKORA dengan isi yaitu:1.Gagalkan pembentukan nogera boneka  papua buatan belanda.2.Kibarkan sang merah putih di seluruh tanah air papua.3.mulai Mobilisasi umum .Hal inilah soekornao membentuk strategi dan merebut tanah papua sampai sekarng.

Sementara setelah perjanjian konferensi meja bundar (KMB),di denhaag belanda Muhamat Hatta Tidak pernah ungkit irin barat dalam wilayah indonesia,malah M.Hatta mengakui bahwa irian barat pantas menjadi negara sendiri karena mereka rasa dan budaya sangat berbeda dengan bangsa indonesia.

Jikalau dilihat dari sejarah indonesia ,papua tidak pernah ada dalam-nya ,yang ada adalah dari sabang sampai amboina.Sementara di sidang BPUPKI & PPKI Tidak ada orang papua satupun yang ikut besuara mewakili papua.Jadi papua itu hasil rampasan dari Presiden soekarno.

Ambisi soekarno karen melihat SDA banyak maka dia galangan kekuat internasional dan galang kekuatan dalam rakyat indonesia dengan membenuk wanita bersenjata,tani bersenjata,buruh bersenjata dll.Akhirnya melalui instruksi TRIKORA akhirnya indonesia merebut papua secara paksa.
Amerika melihat watak-nya kepemimpian soekarno itu sangat keras bahkan soekarno mulai mendekati negara negara yang memang sangat musuh dengan amerika yaitu unisofyet(Rusia).amerika takut dan suruh buat perjanjian 50% dan 50% dangn menandatangani kedua perusahaan PTFI dan minyak sorong.

Kemudian Amerika membalas dengan cara mengkudeta soekarno dari jabatn presiden melalui soeharto,dan berhasil mengkudeta.Akhirnya zaman soeharto ameriak memanfaatkan perusahaan asing banyak di indonesia seperti,Newton NTB,Perusahaan tambang di kalimantan dll.

Amerika serikat mengatahkan secara tegas kepada belanda “bangsa papua adalah bangsa yang primitif tidak tahu apa apa,mengapa kalian bertahan di papua kalian keluar dari papua dan serahkan tanah in ke bangsa indonesia.Dengan syarat PTFI tetap ada di papua,kemudian minyak di sorong tetap ada di papua tanpa ganguan oleh negara manapuan.

Belanda Jual Peta penelitian tentang pertambangan di papua ke pada amerika dan amerika serikat beli dan perusahaan PT.Freepot indoneisia masuk tahun 1967.

Amerika serikat sepakat ddengan belanda dan PBB turun tangan di papua barat melalui UNTEA ,dan hukum yang berlaku di papua adalah hukum PBB.

Filep Karma :  Perjuangan Harus,Tanpa Kekerasan
“Perjuangan bangsa west papua,kalau tidak bisa berhasil dari dalam system,maka keluar berjuang di luar system”.

 Menjadi pejuang papua berarti tidak boleh bermain perempuan,minum mabuk dll.Sebab ketika kita main perempuan atau minum mabuk di tempat perempuan,maka otomatis harga diri sebagai pejuang papua jatuh dan tidak bernilai di pandangan masayarakat pada umum-nya.

Disisi lain ketika kamu diajak bermalam di hotel atau makan di restorant,maka CCTV atau kamera tersembunyi akan mereka kutik,dan kemudian ketika di adili di pengadilan otomatis bukti foto atau video jelas terekam di CCTV,atau kamera ,maka alat bukti itu bisa menjadikan mereka untuk menjatuhkan anda,dan kemudian anda menjadi orang yang tidak percaya oleh masayarakat pada umunya.

Hal hal semacam ini diwaspadai ketika kawan kawan menjadi pemimpin bangsa atau pemerintahan.Sebabab strategi indonesia untuk menjatuhkan orang papua atau aktivis itu melalui hal hal semacam itu.

Bangun konsolidasi/jaringan dengan pecinta pecinta HAM di jawa sini,atau kelompok buruh tani disni,sebab kelompok mereka juga melawan sistem yang tidak adil dan menekan rakayat miskin dalam negara mereka sendiri.Disislah kita bangun jaringan supaya mereka juga bisa membantu kita saat susah,sebab musuh mereka sama dengan musuh kita LAWAN SYSTEM NEGARA

Ketika anda menjadi pejuang berarti intinya percaya pada tuhan yesus kristus ,dan maju bersama yesus,karena segala rasa ketakutan pada diri kita akan menghilang sendiri-nya.Sebab kita berbicara kebenaran.

Kita bangun massa dalam negeri ,ibarat pasang api dalam negeri supaya orang dari jauh akan melihat ,disana terjadi apa dan mereka bisa datang,dan saksikan kemudian menyuarahkan papua merdeka.disisi lain okto mote,benny wenda mereka juga bisa berbicara msalah papua di tingkat internasional.

Ketika kita melihat orang papua disiksa,dibunuh,maka tugas kita adalah tulis tanggal /hari dan kronologis kejadian kemudian kita kirim ke luar negeri supaya ,di tingkat internasional bisa berbicara papua merdeka.

Saat aksi berlangsung ,ada pihak keamanan tanya tanya atau ancam ancam ,maka jelasakan secara baik dan tidak  melakukan kekerasan belajar dari nelson mandela,Muhatma Gandhi.Kalau kita gunakan kekerasan maka pemerintah indonesia membuat pernyataan yang jelas dengan foto foto dan mengkampanyekan papua sebagi gerakan terorisme.Hal seperti inilah yang harus kita pahami dan laksanakan,intinya papua merdeka tidak mengggunakan kekerasan tetapi melalui jalur damai.

Kita minta referendum secara damai itukan sudah masuk dalam system pemerintahan indonesia,bahawa negara indonesia adalah negara demokrasi,Maka kita tuntuk secara demokratis.
Ibarat Kebun pepaya indonesia punya kebun pepaya ini sudah panen bagus,kebun satu yang sebelah ini indonesia datang mengambil alih lagi,ketika kami  sampaikan saudara kebun ini kita punya sekalipun belum buata pagar bai tetapi itu tetap milik kita,pihak indonesia tetap marah,berarti kamu punya hati nurani mu taruh dimana?

Kawan kawan sementara kuliah di jawa sini penting juga belajar etika,moral jawa,politik jawa .Tidak luppa juga belajar negara indonesia punya senjarah,UUD 1945,KUHP .Tujuan-nya ketika kita ditahan di tanya lalu ditanyakan ppasti kita punya pegang yang bisa jelasakan muali dari sejarah indonesia sampai dengan papua.

Masalah ijazah ,kita punya ijazah negara indonesia ketika merdeka pasti kita akan pake di negara papua juga.contohnya (Ir.Soekarno koloni belanda,Drs.M.Hatta Tamatan Belanda),ijazah tidak pengaruh tetapi ilmu-nya itu yang dibutuhan.

Filep Karma :Metode Meminta Perlindungan
  1. Buat surat resmi kemudian tulis jumalah mahasiswa kemudian kirim data lengkap ke kantor kedutaan ; Portugis,Amerika serikat,Jerman,Perancis.Negara negara ini mereka bisa menerima  perlindungan suaka politk.
  2.  Buat Surat resmi ,tulis nama organisasi,logo,cap jumlah mahasiswa lengkap kirim data ke KOMNAS HAM,ELSHAM, Lengakap dengan tembusan Presiden,Kapolri,Jendral.
Ketika sudah buat surat resmi tetapi mereka melanggar dan membantai semua mahasiswa disitu berarti ,mereka tidak menghormati surat resmi itu.Dan mereka bisa di panggil ke pengadilan internasional.Kemudian mereka dapat hukum sesuai dengan KUHP satandar internasional yang berlaku.

Filep Karma: Referendum papua Antara Bangsa Indonesia  & Keturunan bangsa indonesia.

Ketika kita masuk referendum/papua merdeka ,maka otomatis papua bangsa indonesia dan keturunan indonesia ,akan mengalami stress,karena kita akan pasti mengusir mereka,dan sampe di jawa sini tetapi mereka punya tanah tidak ada,rumah gtidak ada,otomatis mereka akan sampaikan bahwa kami mau menjadi warga negara papua.

Ketika mereka sudah pasarahkan semua-nya orang papua mau bunuh atau tidak itukan pastikan kita akan kepikiran banyak.Dan kalau kita membunuh mereka maka bangsa west papua ini akan menjadi anti banggsa lain seperti indonesia,malasaia dan negara negara di dunia.Kita biasa di panggggi di meja pengadilan internasional atas kejahatan kemanusia besar besaran di negara papua.

Solusi Bapak Filep Karma bahwa ,biar masa lalu kita ampuni mereka,sebab dalam firman tuhan mengatahkan “ampunilh musuh-musuh mu,”,di akhirat juga kita akan dituntut dengan ayat ini.

Tentunya kita minta referendum sama sama kalau mereka milih papua berarti,dia harus hati jiwa dan raga-nya juga harus bekerja untuk negara papua.Sampai ia mati dan anak cucupun juga kerja dan bawa nama baik untuk negara papua.

Filep mengatahkan bapak hanya berjuang untuk kemerdekaan papua,dan saya tidak pernah minta presiden ketika papua merdeka.Nanti yang duduk di menteri menteri dan parlemen adalah kalian teman teman yang sedang kuliah ini.Kata-nya.

Filep Karma : Referensi

F.C karma : Ajaib di mata kita
Jayapura ketika perang fasipik
Risalah Sidang BPUPKI
Sinton Panjaitan :Perjalanan seorang prajurit para komando
Socratz Sofyan Yoman :Orang papua Bukan Separatis Makar dan OPM
Socratz Sofyan Yoman :Pemusnahan Etnis Melanesia
Socratz Sofyan Yoman :Integrasi belum selesai
Socratz Sofyan Yoman :PEPERA 1969 di papua barat tidak demokratis

Editor: Musa Pekei

(kabar-mapega.com)


Share this post :

Post a Comment

Postkan Komentar Anda : Redaksi menerima komentar terkait Berita yang ditayangkan. Komentar adalah tanggapan pribadi dan menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak mengubah dan menghapus komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berbau pelecehan, intimidasi, berisi fitnah, atau bertendensi suku, agama, ras, dan antargolongan (SARA). - Terima Kasih! Hak CIPTA © :

Popular Post

My Blog List

 
Support : PANA PANIAI RAYA MALANG | IPMAPA MALANG | FREE WEST PAPUA
Copyright © 2014. IPMAPAPARA MALANG - All Rights Reserved
Template by PANA MALANG Published by IPMAPAPARA MALANG
Proudly powered by Blogger