Selamat Datang di PANA PANIAI RAYA Malang-Jatim

MASALAH YANG SELALU DI HADAPI OLEH MAHASISWA/I PAPUA DI TATARAN KAMPUS SE-JAWA DAN BALI

Oleh:Team Humas Pana
Point point  masalah  yang   selalu  terjadi dalam mahasiswa/i Papua Se-Jawa dan Bali  di tataran kampus.Apa Dampak-nya? Siapa Pelaku-nya? Mengapa hal itu terjadi? Dan Bagaimana solusi nya? Berikut hasil diskusi yang di kemukan oleh beberapa Mahasiswa/i Papua Malang tepat pada,(Sabtu 10/09/2016) pukul 23.30 WIB.

1.Mengapa Mahasiswa Papua di anggap tidak mampu di tingkat akademik?

Jawab
1)      ” Solusi  yang harus kita jalani adalah   urat malu itu di kasih hilng supaya mereka memandang orang papua itu bisa(Ansel  waine dan Alince Kadepa)”
2)      “Aktif dalam pembelajaran di kampus ,supaya mereka memandang orang papua itu bisa,oleh karena itu buang rasa malu.(Alince kadepa)”
3)       “Ketika dalam kelas kita harus pegang satu orang ,supaya dalam menyelesaikan tugas  tugas itu dengan  mudah,bukan berarti kita tidak mampu ,tetapi butuh dukungan informasi  dan kerjasama.(Yesaya Ukago)”

2.Bagaimana penilaian Dosen dan Mahasiswa Jawa  terhadap Mahasiswa Papua?

Jawab
1)      “Mahasiswa jawa menganggap mahasiswa  papua itu  tidak bisa ,ketika kami berkomunikasi dengan mereka tentang hal yang benar juga ,mereka tidak akan perna percaya ,sebab mereka menggap mahasiswa papua itu masih  Primitif/Terbelakang (Ansel Waine)”
2)      Ketika Mahasiswa Papua memberikan pertanyaan ke  dosen ,mereka menganggap pertanyaan itu masih minim,sebab mereka menganggap orang papua itu  tidak bisa berbuat apa apa.(Ancel Waine)
3)      Dosen Dosen dari Indonesia timur mereka bisa mengerti,apabila membuat masalah pada mata kuliah dosen pengasuh itu ,tetapi dosen asal  dari orang Jawa  tidak Perna  mengampuni masalah yang perna di buat itu ,sekalipun sudah minta maaf mereka akan jaga di nilai mata kuliah tersebut.(Musa Pekei)
4)      Untuk mencari nilai itu perlu pengorbanan dan harus cari tahu sampai kedalam (Alince Kadepa) 
5)      Mereka tidak peduli kerja sama dengan mahasiswa asal papua,berarti diskriminasi di tingkat akademis masih nampak (Yesaya Ukago)






Share this post :

Post a Comment

Postkan Komentar Anda : Redaksi menerima komentar terkait Berita yang ditayangkan. Komentar adalah tanggapan pribadi dan menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak mengubah dan menghapus komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berbau pelecehan, intimidasi, berisi fitnah, atau bertendensi suku, agama, ras, dan antargolongan (SARA). - Terima Kasih! Hak CIPTA © :

Follow by Email

Popular Post

My Blog List

 
Support : PANA PANIAI RAYA MALANG | IPMAPA MALANG | FREE WEST PAPUA
Copyright © 2014. IPMAPAPARA MALANG - All Rights Reserved
Template by PANA MALANG Published by IPMAPAPARA MALANG
Proudly powered by Blogger