Selamat Datang di PANA PANIAI RAYA Malang-Jatim

Apa Bedanya, Kuliah Dan Organisasi?


Ilustrasi Sedang Diskusi di Satu Meja.www.google.com


Oleh:Team Humas Pana

Kuliah dan organisasi tentu beda,kuliah berarti kita menerima teori/materi,sesuai dengan profesi  yang kita tekuni,sementara organisasi adalah dimana ilmu atau konsep yang kita miliki,kita mencoba terapkan,dan rasakan bagaimana mengatasi masalah,berbicara,setia dan tanggung jawab.Nah,berikut ini diskusi sangat menarik yang di kemukakan oleh beberapa intelektual pana malang,Sabtu 17 september 2015.Pukul 11,00 Wib.

Kuliah itu hanya kita memeiliki materi kurang dari  25 % dan apa yang kita dapat kita  implementasikaan itu pada  organisasi lebih dari  75 %  dan itu lebih pada teori dan praktek yang harus seimbang kedua-nya .Kata (Musa Pekei)

Saya agak sepakat dengan pernyataan musa pekei ,tetapi menurut saya perkulian itu hanya 20% karena itu Cuma kita  membutuhkan ,IJAZAH SARJANA.Sedangkan Organisasi itu adalah tempat melati  untuk kerja nyata.Dan hal itu  perna saya alami,ada sekitar  10 alasan yaitu Kemampuan Melatih Problem Solving dan Manajemen Konflik Bekal dan itu akan kami dapatkan di  Dunia Kerja.

Orang yang sudah terbiasa bekerja sama dalam suatu organisasi memiliki kesempatan untuk menemukan  ‘permasalahan’ lebih banyak dari pada mereka yang tidak bergabung dalam organisasi . Mereka Tidak hanya ‘dapat masalah ’, namun  belajar menyelesaikan masalah’ juga menjadi hal yang sangat penting yang dipelajari secara teratur. Dimulai dari permasalahan internal, eksternal, pribadi, hingga yang melibatkan banyak orang. Dari pengalaman menyelesaikan masalah Emosional dan manajemen konflik itu,akan menjadi pelajaran buat adik-adik yang  baru bergabung di organisasi dan mereka juga akan menjadi lebih stabil dan tidak meledak-ledak,dengan permasalahan.Kata (AnselWaine)

Kuliah Itu Belajar untuk mendalami dan fokus pada ilmu keprofesian misalnyabidang(Ekonomi,Sosial,Politik,Kesehatan,Teknik,MIPA,Peternakan,Pertanian,dll). Gunanya untuk meningkatkan pengetahuan profesi dan mendapat gelar keprofesian (SE, S.Ip, ST,dll).

 Untuk itu meraih suatu  gelar diatas teman" haruslah mengutamakan penguasaan Ilmu (bukan sekedar nilai bagus) terhadap jurusan yang ditekuni, salah satu cara melalui membaca buku (artikel penelitian di internet,jurnal penelitian,dll) keprofesian sebanyak mungkin sehingga wawasan keprofesian menjadi lebih baik, karena diruang kuliah dosen hanya memberikan materi sebagai pengantar dengan kisaran 25 % dan selebihnya 75 % ada pada mahasiswa.

Jika ingin mengembangkan diri lebih terkait Pengetahuan Umum cari dalam Organisasi Kampus,Organisasi Paguyuban, dan Forum lainya

Kalau anda sudah jalani itu semua.Pengetahuan anda akan Mendalam (Profesi) dan Luas (Umum).Kata (Yohanes Giya)

 Saya berterimkasih kepada senior saya Jhons Raffael Giyai masukan dari kaka akan menjadi  pelajaran buat saya.Saya juga bagikan sedikit pengalaman organisasi terlebih khusus  tentang bagaimana  mengambil  keputusan, dan dampak/akibat yang saya rasakan.Apakah hal tersebut baik atau buruk bagi diri kami? dan sekitar kami?. Dengan sedikit pengalaman organisasi yang sudah saya miliki, membuat saya belajar dan belajar untuk tidak lagi salah melangkah dalam mengambil keputusan saya berpikir dan mempertimbangkan segala aspek yang terjadi saat mengambil keputusan yang satu dibanding yang lain.Kata (Ansel Waine)

Kesimpulan-nya 

Kuliah dan organisasi keduanya tidak saling terlepas,sebab apa yang kita terima di kampus itu hanya 25% dan 75% itu lebih pada Penerapan.Manfaat dari kita kuliah adalah untuk mendalami profei yang kita tekuni,melalui pengetahuan ,sedangkan organisasi kita akan merasakan bagaimana menghadapi permasalahan,memecahkan persoalan,merangkul orang,berkomunikasi secara efektik.Bagaimana membaca situasi audince,dan bagaimana meyakinkan orang .Lebih khusus lagi organisasi itu ada di diri kita,mulai dari mengatur diri,waktu,tahu diri.

Ini adalah hasil diskusi/komentar di group facebook.com IPMAPAPARA Se-Malang Raya,Bersama Anselmus Waine,Yohanes Giyai,Musa Pekei.
Share this post :

Post a Comment

Postkan Komentar Anda : Redaksi menerima komentar terkait Berita yang ditayangkan. Komentar adalah tanggapan pribadi dan menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak mengubah dan menghapus komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berbau pelecehan, intimidasi, berisi fitnah, atau bertendensi suku, agama, ras, dan antargolongan (SARA). - Terima Kasih! Hak CIPTA © :

Follow by Email

Popular Post

My Blog List

 
Support : PANA PANIAI RAYA MALANG | IPMAPA MALANG | FREE WEST PAPUA
Copyright © 2014. IPMAPAPARA MALANG - All Rights Reserved
Template by PANA MALANG Published by IPMAPAPARA MALANG
Proudly powered by Blogger